MusliModerat: Alhamdulillah, Habib Luthfi bin Yahya akan Bangun Makam Shahibul Ihya Ulumuddin "Imam Ghazali"

MusliModerat
Berita Berimbang Untuk Muslim Nusantara 
thumbnail Alhamdulillah, Habib Luthfi bin Yahya akan Bangun Makam Shahibul Ihya Ulumuddin "Imam Ghazali"
Oct 11th 2017, 07:14, by noreply@blogger.com (Blitarpos Agency)

MusliModerat.net - JATMAN berencana menyelenggarakan Seminar Internasional "Pemikiran al-Ghazali dan Pengaruhnya di Indonesia".

Al-Ghazali -sebagaimana umumnya ulama Islam jama dahulu- seorang yang mutafannin, pakar dalam berbagai bidang keilmuan. Ia menyandang gelar profesor dalam berbagai bidang keilmuan, termasuk fikih, filsafat, ilmu kalam dan tentunya tasawuf. Al-Ghazali wafat tahun 505 H/1111 M, berjasa besar dalam membangun dasar-dasar teologis dan spiritual Islam, ilmu kalam dan tasawuf. Karya monumentalnya Ihya' Ulumiddin tidak ada padanannya di dunia. Tapi ada yang menyebutkan, The Sum of Theology karya Tomas Aquinas di Barat Kristen, setara dengan Ihya di Timur Islam.

Ihya' salah satu karya monumentalnya berhasil menjembatani perseteruan antara kaum syariat an Sich, fuqaha dan kalangan sufi. Kelompok pertama sarjana yang berkompetisi menjadi pejabat tinggi di peradilan negara. Fikih sebagai sarana untuk mencapai jabatan dan status sosial. Para fuqaha mengadu kepiawaian mereka di ruang sidang untuk memenangkan dan menjatuhkan lawan. Al-Ghazali mengkritik perilaku itu dengan menulis aspek-aspek batini, aspek ihsani, aspek tasawuf dalam fikih.

Para dai Islam di Nusantara dan para kiai pesantren menjadikan Ihya' sebagai basis etika mereka dalam berperilaku, etika dalam hubungan sosial. Jadi mereka yang berteriak amar ma'ruf nahi munkar di jalanan diragukan pernah membaca Ihya' atau jadi santri imajiner al-Ghazali.

Sayang makamnya di Iran, terlantar. Maulana Habib Luthfi Bin Yahya melalui JATMAN akan membangun makam beliau, seperti yang beliau lakukan terhadap makam-makam Ulama Ahli Bait yang terlantar di Qarad Sanahiz, Yaman. Di Yaman, menurut Habib Zaid, kubah-kubah yang dibangun Habib Luthfi Bin Yahya di Qarad Sanahiz diresmikan oleh Yang Mulia Habib Umar bin Hafidz.

Kita berharap, acara yang belum pasti kapan tepatnya dilaksanakan ini, semoga berjalan lancar dan bermanfaat bagi umat Islam. (Sumber: Habib Nauval Muthahar dan KH. Ali M. Abdillah)

Dishare dari Ki Syaroni Asyamfuri

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our polices, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

0 Response to "MusliModerat: Alhamdulillah, Habib Luthfi bin Yahya akan Bangun Makam Shahibul Ihya Ulumuddin "Imam Ghazali""