MusliModerat: Santri Mbeling: Semua ini Milik Allah, Kiai !!

MusliModerat
Berita Berimbang Untuk Muslim Nusantara 
thumbnail Santri Mbeling: Semua ini Milik Allah, Kiai !!
Oct 23rd 2017, 03:03, by noreply@blogger.com (Blitarpos Agency)

MusliModerat.net - Sudah menjadi aktivitas sehari-hari Kiai Nuri untuk mendidik dan mengajar para santri di pondok pesantrennya. Pagi itu ia menyampaikan tentang kekuasaan Allah yang tidak terbatas.

Seorang santri bernama Muhidin memahami penjelasan kiainya bahwa apa yang ada di langit dan di bumi ini semua milik Allah SWT.

Tibalah saat Muhidin dan beberapa santri membutuhkan lauk pauk untuk makan tetapi sudah tidak ada persediaan uang untuk membelinya.

Sampai pada akhirnya si santri mengambil ikan di kolam milik kiai. Saat memperoleh ikan yang besar, tiba-tiba Kiai Nuri datang.


"Hai, kenapa kamu mengambil ikan milik kiaimu?" tegur Kiai Nuri kepada Muhidin dan beberapa kawan santrinya.

Alih-alih lari tunggang langgang, Muhidin justru mendekati Kiai Nuri dan berkata, "Bukankah kiai sendiri yang mengajarkan ayat, lillahi ma fis samawati wa ma fil ardh, semua ini milik Allah. Jadi bukan milik kiai," seloroh Muhidin. 

Kiai Nuri terdiam. Dalam hati ia berucap, "Senjata makan kiai nih." 

"Iya Nak, itu milik Allah, tapi jangan ikan yang besar!" ujar Kiai Nuri.

Saking gemesnya, Kiai Nuri sekaligus melempar sandal bakiaknya ke arah Muhidin. "Aduh, kenapa kiai melempar bakiak ke saya?" tanggap Muhidin.

Dengan membaca ayat, wa ma romaita wa lakinallaha roma, Kiai Nuri menjawab tenang, "Bukan saya yang melempar, tapi Allah Nak." (Fathoni/NU Online)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our polices, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

0 Response to "MusliModerat: Santri Mbeling: Semua ini Milik Allah, Kiai !!"